SEAK-SEAK PANGGARUNGAN, HUTAPEA PANGARIBUAN

Seminar Lembaga Adat Budaya Batak

0 48

Beberapa hasil kesepakatan dalam  Seminar Lembaga Adat Budaya Batak (LABB) yang pelaksanaannya di Universitas Mpu Tantular Jakarta Timur. yang dihadiri semua Perwakilan Marga Marga Batak di Dunia Kamis,(09/10/2018)

Telah dibentuk Lembaga Adat Budaya Batak (LABB) yang akan di daftarkan pada Berita Negara yang di gagas para Tokoh/Pakar Adat Batak (Para DR dan Prof)

Dalam pembahasan tersebut, yang dibicarakan adalah masalah waktu yang terlalu lama/panjang dalam pelaksanaan pesta adat pernikahan.

Untuk itu seluruh peserta rapat sepakat untuk memangkas/mempersingkat beberapa wacana kegiatan acara antara lain
1. Agar marhata sinamot dilakukan pada saat marhusip.Jadi acara marhusip akan diganti sebutannya menjadi “Marhata/Pasahat sinamot”
2. Penyampaian Tuppak di gedung tidak lagi ke depan,tapi dimasukkan dalam peti yg sdh dipersiapkan di pintu masuk.
3. Pada saat pembicaraan Raja Parhata di gedung, langsung dimulai Raja Parhata tanpa mangalap hata di akka namarhaha maranggi.karena Raja Parhata sudah ditentukan saat Martonggo Raja.
4. Jumlah Ulos Herbang disepakati maximum 17 lembar dan max.17 lembar juga ulos holong. (Ulos holong hanya disampaikan Suhut Takkas). Begitu juga dengan ulos dari segenap Hula- Hula dibatasi menjadi 3-5 lembar setiap Hula-Hula, dan Peserta/Rombongan lain disarankan utk memberi amplop saja.
5. Manikkir Tangga/Paulak Une diwacanakan pada waktu selanjutnya (antara hasuhuton).

Ulaon Dok ni Roha Disepakati :
1. Goarni Ulaon Sari Matua dan Saurmatua hannya diberikan kepada yg berhak menerimanya yg dilihat/diukur dari Pinompar/Natinadikkonna. (Tidak melihat umur dan Paradongan)

Termasuk untuk Perceraian :
Diwacanakan memberikan sanksi/denda bagi pihak yg menceraikan (bersalah) senilai 3 sampai 5 kali nilai Pesta adat Perkawinan.

Dan beberapa wacana lain yang mungkin sulit dilakukan mengingat kebiasaan yang sudah sangat melekat pada setiap untaian kegiatan adat.

Rangkuman hasil pembahasan akan di bukukan dan diharapkan menjadi Panduan dalam Pelaksanaan Adat Batak.Dan akan di deklarasikan pada tgl 25 Oktober mendatang.

Sumber

Leave A Reply

Your email address will not be published.